Pemanfaaan Limbah Kulit Jagung


Limbah kulit jagung - Kebanyakan orang menganggap bahwa kulit jagung adalah limbah yang sedikit mengandung manfaat. Karena orang lebih sering menggunakan limbah kulit jagung sebagai pakan ternak. Dan bahkan banyak yang hanya berakhir di tempat sampah. Namun sebenarnya dari kulit jagung yang sepintas tidak terlihat berharga itu dapat kita jadikan karya kerajinan yang artistik dan bernilai .

Kulit jagung merupakan limbah organik basah, maka kulit jagung memiliki kandungan air yang tinggi. Cara pengolahannya sangat sederhana dan relatif mudah yaitu dengan dipanaskan dengan sinar matahari hingga kering. Setelah kering kulit jagung dapat diwarnai lalu dikeringkan, dan disetrika agar lembarannya dapat terlihat lebih halus dan rata agar mudah dibentuk. Setiap hasil karya buatan tangan memang memerlukan ketelatenan atau ketekunan untuk dapat menghasilkan hasil karya yang bagus dan menarik termasuk dengan hasil kerajinan dari kulit jagung. Beberapa alat yang digunakan untuk mengolah limbah kulit jagung diantaranya adalah kulit jagung, pewarna makanan, setrika, gunting, lem, dan bahan pendukung lainnya.

Banyak sekali hasil karya yang bisa dihasilkan dari limbah kulit jagung diantaranya seperti bunga, boneka, hiasan pensil, penghias wadah, bingkai foto, sandal, anyaman untuk keranjang atau tas, dan bentuk kerajinan lainnya. Semakin banyak orang membuat hasil karya dari kulit jagung ini, maka semakin beragam hasil karya unik dan artistik yang dihasilkan.
 Berikut salah satu hasil karya yang bisa anda coba dan kembangkan > membuat bingkai dari limbah kulit jagung

Popular posts from this blog

Cara membuat kerajinan tangan lampu hias gantung dari kardus bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan Gendang Dari Paralon

Membuat Tempat HP Sederhana Dari Kardus Bekas