Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Koran Bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Koran Bekas
Jika kalian punya barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai, jangan buru-buru dibuang. Mungkin saja barang-barang tersebut bisa kita pakai untuk membuat kerajinan tangan dari koran bekas yang lebih bermanfaat. Kali ini saya akan berbagi tips cara membuat kerajinan tangan dari koran bekas berupa mangkok cantik. Kalian juga bisa menggunakan kertas-kertas bekas lainnya.

Sebelum memulai berkreasi, siapkan dulu bahan-bahannya:

1. Kertas Koran bekas
2. Gunting
3. Lem kertas
4. Pilok atau pernis
5. Penggaris
6. Kuas
7. Penjepit baju
8. Lem tembak


Jika semuanya sudah siap, mari kita mulai membuat kerajinan tangan dari Koran bekas ini.
Pertama, potong-potong Koran dengan bentuk memanjang. Lalu gulung Koran menggunakan pensil atau potongan bambu panjang yang berukuran kecil. Beri lem di tengah-tengah saat menggulung agar gulungan tidak lepas. Jika gulungan sudah selesai, gulung lagi menjadi bentuk lingkaran. Ingat, kertasnya saja yang digulung, pensil/bambunya tidak mungkin ikut digulung ‘kan? Beri lem juga saat menggulung agar gulungan tidak lepas. Penjepit baju digunakan untuk menjepit gulungan agar tidak mudah geser dan lepas. Gulungan dapat dibuat sesuai selera, jika kalian ingin gulungan terdapat lubang di tengahnya, gunakan botol atau benda yang serupa. Buat sebuah gulungan melingkar yang besar lalu beri lem di atasnya dan ratakan menggunakan kuas. Setelah lem rata, tekuk-tekuk gulungan tersebut sampai membentuk seperti mangkok. 

Langkah selanjutnya untuk membuat kerajinan tangan dari Koran bekas yaitu membuat alas mangkok. Buatlah gulungan serupa yang berukuran lebih kecil. Jangan lupa melapisinya dengan lem juga. Buatlah beberapa gulungan lingkaran yang lebih kecil lagi untuk dipasang di sekeliling gulungan lingkaran yang besar, beri lem pada setiap sisi. Kemudian jemur semua gulungan yang telah dibuat sampai kering.

Tempelkan gulungan besar dengan alasnya menggunakan lem tembak. Kemudian tempelkan  juga gulungan-gulungan yang berukuran kecil satu per satu mengelilingi gulungan besar menggunakan lem tembak. Sebagai sentuhan terakhir dalam membuat kerajinan dari Koran bekas ini, semprot dengan pilok atau pernis agar mangkok kerajinan dari koran bekas  yang cantik ini tahan lama.

Selain kerajinan tangan dari Koran bekas yang berupa mangkok seperti ini, kalian juga bisa membuat kreasi kalian sendiri untuk menyusun gulungan-gulungan lingkaran tersebut menjadi berbagai benda sesuai kreativitas kalian.

Terima kasih telah berkunjung di Blognys Deny's semoga artikel ini dapat bermanfaat
baca juga artikel Deny's yang lain ya

Popular posts from this blog

Cara membuat kerajinan tangan lampu hias gantung dari kardus bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan Gendang Dari Paralon

Membuat Tempat HP Sederhana Dari Kardus Bekas